Selasa, 16 April 2013

Fighting for UN Part 2!! (UN 2013, bukti nyata keterpurukan pendidikan Indonesia)

UN..UN..UN.. !! Ujian Nasional tahun ini benar-benar menghebohkan! 
coba aja ketik "UN sma 2013" di Google. maka dalam waktu sekitar 0,21 detik kamu akan melihat hasil penulusuran dari keyword tersebut ada sekitar 47.000.000!! ckck, luar biasa!!:O dan, hampir 60%nya berisi tentang komentar,kritikan, bahkan sindiran terhadap program UN ini.
 aku akan nunjukin beberapa artikel yang terkait mengenai UN sma periode 15-18 April 2013..


1. http://news.liputan6.com/read/562734/federasi-guru-un-2013-kurang-soal-aneh
"Ini menyulitkan anak, guru, dan sekolah. Belum lagi kekurangan soal. Akhirnya panitia fotocopy, padahal punya code, satu paket sama lembar jawaban. Jadi komputer bisa menolak, bisa tidak lulus, ini yang tidak dipikirkan kementerian. Berarti tidak beres dong percetakaannya. Ini kan aneh," pungkas Sekjen FSGI Retno Listyarti,bahkan menurut Retno Listyarti tak disiapkannya UN secara matang oleh Kemendikbud karena dinilai sarat kepentingan proyek.

2. http://edukasi.kompasiana.com/2013/04/15/ternyata-un-2013-kayak-gini-551280.html
"Pelaksanaan Ujian Nasional untuk siswa SMA sudah menyelesaikan hari kedua. Baru berjalan dua hari, sudah banyak kejadian lucu yang mewarnai pelaksanaan Ujian yang membuat anak SMA se Indonesia jadi senewen ini".

3. http://www.jpnn.com/read/2013/04/15/167432/7-Kekeliruan-Pelaksanaan-UN-2013-
"Ujian Nasional (UN) 2013 tingkat SMA/MA/SMK hari pertama telah selesai dilaksanakan, Senin (15/4). Namun agenda rutin tahunan yang menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh telah dipersiapkan dengan baik ini ternyata menyisakan sejumlah catatan kesalahan"

4. http://kampus.okezone.com/read/2013/04/15/373/791568/un-2013-terburuk-dan-coreng-dunia-pendidikan

MEDAN - Para peserta ujian nasional (UN) kecewa setelah mengetahui UN hari ini gagal dilaksanakan. Penundaan jadwal UN ini terjadi menyusul berkas naskah soal ujian dan lembar jawaban yang belum terdistribusikan ke sekolah mereka
"Penundaan ujian nasional tahun ini merupakan yang terburuk sepanjang masa dan telah mencoreng dunia pendidikan," ujar Kepala SMAN Harapan Tiga Medan, Abdul Jalil.

5. sementara pada http://edukasi.kompas.com/, kita dapat membaca sendiri artikel-artikel yang memang mengkritik kebijakan UN 2013 yang sedang berlangsung kini.
berikut adalah beberapa judul yang sangat menarik:
ckckc, benar-benar buruk bukan??!!
Melihat keadaan yang seperti ini, seakan-akan pelaksanaan UN tahun ini sebagai bahan kelinci percobaan. -_-, tak usah jauh-jauh berbicara mengenai komentar siswa/siswi SMA indonesia mengenai kebijakan Ujian Nasional tahun 2013 ini. karena aku sendiri sebagai seorang pelajar di salah satu SMA di Aceh juga sangat merasakan dampaknya, perasaan yang kesal,gelisah,khawatir,bahkan tak jarang aku juga menyesali program yang berjalan sia-sia ini. hari ini tepat hari kedua dilaksanakannya UN dengan mata pelajaran Fisika dan Bahasa Inggris. dengan lembar jawaban UN yang mudah rusak, ditambah keterbatasan soal, semakin memperburuk keadaan. UN yang diharapkan akan berjalan lancar ternyata hanya sebuah omongan belaka. 
memang saya bukan seorang  pengamat, saya hanya seorang pelajar biasa tapi saya memiliki hak untuk menyampaikan kritikan saya. saya tak menyalahkan diadakannya UN sebagai syarat kelulusan, sebagai penentu untuk lulus snmptn undangan, namun saya menyalahkan program UN 20 paket tersebut, penundaan UN di 11 provinsi, kertas Lembaran Ujian yang buruk, keterbatasan soal UN, hingga banyaknya ketidaksempurnaan dalam pelaksanaan UN tahun ini. 
padahal pemerintah tahu UN menentukan masa depan para siswa/siswi Indonesia, lulus UN merupakan suatu kebanggan tersendiri dan ketidaklulusan UN merupakan suatu penghinaan. oleh karena itu, perlu pemikiran yang matang sebelum dilaksanakannya sebuah program.
apa pemerintah tahu bagaimana rasanya menjadi seorang siswa/siswi yang melaksanakan UN yang dimulai dari kemarin? aku rasa enggak -_-, pendidikan Indonesia kini memang diujung tanduk, kemerosotan yang tajam, serta kritikan pedas yang dilontarkan para tokoh,guru, dan yang paling banyak oleh para siswa/siswi. 
sekarang siapa yang harus disalahkan???????
disaat seperti inialh dibutuhkan orang-orang yang mempunyai pemikiran luas, dan mampun menyelesaikan masalah ini, namun siapakah orang-orang itu? 

kapan-kapan kita sambung lagi pembicaraan ini,
besok Ujian Matematika!!!!!! Semangat!!!! (walau dititik penghabisan)
kita sebagai generasi penerus bangsa semoga dapat memperbaiki Pendidikan Indonesia, mengangkatnya dari keterpurukan! dan majulah pendidikan Indonesia! Amin :')
(walau pada awalnya emosi, endingnya haruslah berbahagia, api jang dibalas dengan api bukan? ;))

0 komentar:

Posting Komentar